IMPLEMENTATION OF MARKET PLACE LEARNING METHOD ASSISTED BY CANVA TECHNOLOGY IN IMPROVING LEARNING OUTCOMES OF ISLAMIC CULTURAL HISTORY AT MTS DARUL AMANAH BEDONO

Authors

  • Raihan Hisyam Raihan STAI Walisembilan Semarang
  • Ahmad Mustafidin STAI Walisembilan Semarang
  • Abdul Hakim STAI Walisembilan Semarang
  • Aliwan STAI Walisembilan Semarang
  • M. Arief Hidayatulloh STAI Walisembilan Semarang

Keywords:

Metode Market Place, media Canva, hasil belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, PTK

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di tingkat Madrasah Tsanawiyah sering menghadapi tantangan rendahnya minat dan partisipasi siswa akibat metode konvensional yang bersifat pasif, sering dianggap membosankan karena metode yang monoton dan minim partisipasi siswa, berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran Market Place yang dipadukan dengan media visual Canva guna meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX MTs Darul Amanah Bedono pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes evaluasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa secara signifikan, dari 31% pada pra-siklus, naik menjadi 54% pada siklus I, dan mencapai 100% pada siklus II. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, seperti keaktifan dalam diskusi, kemampuan menyampaikan ide melalui media visual, dan antusiasme mengikuti proses pembelajaran. Media Canva terbukti efektif mendukung penyajian materi secara kreatif dan menarik, memfasilitasi pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna. Dengan demikian, metode Market Place yang dibantu Canva tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar, tetapi juga membentuk suasana pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan. Strategi ini layak diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran SKI maupun mata pelajaran lainnya, khususnya yang bersifat abstrak atau historis, guna mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman mendalam siswa.

References

Abdillah, Leon A., et al. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Penerbit Adab, 2021.

Anwar, Chairul. Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. IRCiSoD, 2017.

Fauziah, Arbaul, Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya, Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2021.

Fauziah, Zumrotul, Ahmad Shofiyuddin, and Hidayatur Rofiana. Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam 2022

Guru, M. P. L. P. "Penelitian Tindakan Kelas." Surabaya. UNesa Modul Pendidikan Latihan Profesi Guru 1.2 2011

Rasyid, Abdul, Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi, Scolae: Journal of Pedagogy, 2018.

Sulaiman, W., and Sulaiman Ismail. Implementasi Model Pembelajaran Market Place Activity Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Aceh Tamiang). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 2023

Suryadi, Ahmad. Sejarah Kebudayaan Islam: Teori, Prosedur dan Ruang Lingkupnya. CV Jejak (Jejak Publisher), 2023.

Syaadah, Raudatus dkk, Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal, Pema (Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2023.

Wedi, Agus, Konsep dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Toritis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran, Malang: Universitas Negeri Malang, 2016.

Published

2025-08-05

How to Cite

Hisyam, R., Mustafidin, A., Hakim , A., Aliwan, & Arief Hidayatulloh, M. . (2025). IMPLEMENTATION OF MARKET PLACE LEARNING METHOD ASSISTED BY CANVA TECHNOLOGY IN IMPROVING LEARNING OUTCOMES OF ISLAMIC CULTURAL HISTORY AT MTS DARUL AMANAH BEDONO. Educativa: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 33–44. Retrieved from https://www.ejournal.staibrebes.ac.id/index.php/educativa/article/view/139