Pendampingan Belajar Al-Qur’an Dengan Penerapan Metode Iqro’ Pada Siswa Kelas 1 Di TPQ Al-Khair Desa Cipajang, Banjarharjo, Brebes

Authors

  • Nurwindah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Brebes, Indonesia
  • Mubayinah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Brebes, Indonesia
  • Masitoh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Brebes, Indonesia

Keywords:

Pendampingan, Belajar Al-Qur'an, Metode Iqro

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa yang tidak dapat membaca Al-Qur'an dengan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Padahal, usia mereka merupakan saat yang tepat untuk belajar Al-Qur'an dengan baik. Beberapa siswa masih kurang lancar dalam membaca Al-Qur'an dan belum memahami hukum bacaan sesuai buku tajwidnya. Untuk mengatasi masalah ini, program pendampingan pengajaran Al-Qur'an dengan metode Iqro' diterapkan di TPQ Al Khair Desa Cipajang, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Tujuannya adalah agar siswa mencintai Al-Qur'an, meningkatkan semangat belajar, serta memahami cara pengucapan huruf hijaiyah sesuai dengan tajwid dan makhrojnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menjelaskan penerapan metode Iqro' di TPQ Al Khair. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang sebelumnya tidak memahami tajwid dan makhroj kini dapat membaca Al-Qur'an dengan lebih baik dan benar. Pendampingan ini membantu siswa menguasai cara pengucapan abjad Arab sesuai dengan hukum bacaan dan kaidah tajwid yang tepat.

References

Fatkiyah (2019) ‘Implementasi Metode Iqro’ Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Aktivitas Pembelajaran Al-Qur’an Studi Kasus Di Kelas II SD Negeri 2 Wates Kulon Progo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019’, El-Tarbawi, XII, P. 97

Fahurroziy, M. (2022). AHSANA MEDIA. 8(1).

Fitriani, D. I. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an Siswa Sekolah Menengah Atas Universitas Islam bandung. 5, 15–30. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.227

Haris, A. (2020) ‘Aplikasi Metode Iqro’ Dilembaga Pendidikan RA Ash-Shiddiqi Kowel Pamekasan’, Vol., P.12. Khanif, R. (2021) ‘Urgensi Pengelolaan Keluarga Sebagai Madrasatul ‘Ula Dalam Meminimalisir Dekadensi Moral Generai Muda Masa Kini’, 1 No. 2.

Hasunah, U. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN: 2550-1038), Vol. 1, No(2), 160–172.

Izzan, A., & Saepudin, D. M. (2018). Metode Pembelajaran Al-Qur’an. 387. http://digilib.uinsgd.ac.id/17352/1/metode pembelajaran Al-Qur'an 3.pdf Jurnal pengabdian masyarakat multidisiplin, 4(3), 147-153.

Kitfiyah, K. et al. (2021) ‘The Theories Of Makki And Madani According To Classical And Conyemporary Scholars (Teori Makki And Madani Menurut Ulama Klasik Dan Kontemporer).

Puji muniarty, et al (2021)”Pendampingan Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Anak-anak di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima”, jurnal pengabdian masyarakat, Vol 2, no 2, 2021, pp. 96-99, Fahrianur, et al. (2022),

“Pendampingan BelajarAl-Qur’an Dengan Penerapan Metode Iqro’ di TPA Al-Muhajirin Sidomulyo Kelurahan Tumbang Tahai”, jurnal pendidikan dan pengabdian masyarakat, vol 5, no 3, 2022, pp 237-243, Kementerian Agama Republik Indonesia “keutamaan membaca Al-Qur’an”.

Suriah, M. (n.d.). Metode Yanbu ’ a untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul. 3(November 2018), 291–299.

Syaikhon, M. (2017). penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca al-qur’an. 02(01). buku metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Syaikhon, M. (2017). penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca al-qur’an. 02(01).

Wawancara dengan Bapak Toto Sugiarto,, guru di tpq al-khair desa cipajang (8 september 2023)

Cover Jurnal

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Nurwindah, Mubayinah, & Masitoh. (2025). Pendampingan Belajar Al-Qur’an Dengan Penerapan Metode Iqro’ Pada Siswa Kelas 1 Di TPQ Al-Khair Desa Cipajang, Banjarharjo, Brebes. Educativa: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 11–21. Retrieved from https://www.ejournal.staibrebes.ac.id/index.php/educativa/article/view/127